BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Umat islam agar selalu dapat terpacu dan mengembangkan diri harus
selalu menggunakan inovasi serta berkreatifitas supaya dapat mencapai keutuhan
dan kesempurnaan hidup. Hal ini setidaknya telah menjadi perhatian para penguasa
atau khalifah pada masa-masa jayanya islam yang terletak pada kekuasaan Daulah
Abbasiyah, segenap kemampuan dan
perhatian dicurahkan untuk membangun sebuah peradaban, dengan dijadikannya
Bagdad sebagai pusat ibu kota pemerintah yang didalamnya berdiri istana dan
bangunan yang megah dengan seni bangunan Arab Persia masa itu. Pada masa itu Islam
berada pada masa keemasan hal ini terbukti dengan banyaknya bangunan-bangunan,
pengembangan ilmu pengetahuan, dan intelektual melalui perpustakaan seperti Baitul
Hikah. Kejayaannya juga dirasakan oleh masyarakat yang telah bersentuhan dengan
dunia luar termasuk juga dunia Barat.
Namun, pasang surut sebuah dinasti, sebagaimana disebut Ibnu Khaldun,
merupakan bagian dari siklus sejarah yang bersifat faktual. Sebagai sebuah
pemerintahan atau kekuasaan islam yang pernah jaya, juga tidak terlepas dari
kemunduran atau keruntuhan, begitu juga pengaruhnya dengan pendidikan.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa faktor penyebab kemunduran pendidikan islam?
2.
Bagaimana kondisi pendidikan islam pada masa
kemunduran?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar